Bendera Jepang

Posted by Info Jepang on Sunday 26 May 2013

Bendera Jepang disebut apa?

Ayo, seberapa banyak dari teman-teman Hikaru yang tahu gambar di atas?
Betul, gambar di atas itu adalah gambar dari bendera negara Jepang. Jepang adalah negara dengan bendera berbentuk bulatan berwarna merah seperti matahari, dan dikelilingi oleh warna latar putih. Sama seperti bendera negara kita, Jepang juga hanya memiliki dua warna, yaitu Merah dan Putih. Hanya saja bentuk dari bendera Jepang adalah bendera dengan bulatan Merah, yang dikelilingi oleh latar belakang putih.
Lalu, tahukah teman-teman, kalau bendera Jepang itu ternyata punya sebutan sendiri di Jepang. Bendera negara Jepang ini, disebut Hinomaru. Hinomaru ini sendiri artinya adalah bulatan matahari. Sebenarnya di Jepang sendiri sebutan resmi untuk bendera Jepang bukanlah Hinomaru, melainkan Nisshoki (日章旗).
Nisshoki ini adalah sebutan pertama kali yang paling banyak digunakan di Jepang untuk menyebut bendera negara mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, rakyat Jepang lebih mengenal istilah Hinomaru untuk menyebut nama dari bendera mereka itu. Lalu, Nisshoki itu artinya apa?
Nisshoki artinya adalah bendera dengan lambang matahari. Karena hal inilah, mengapa kita yang di Indonesia juga menyebut Jepang sebagai negeri matahari terbit.
Teman-teman mau tahu lebih? Ternyata bendera negara Jepang ini punya design sendiri yang tidak boleh dilewatkan loh. Design ini sudah sangat pas, sehingga bentuk daripada bulatan merah tersebut tidak terlalu besar ataupun kecil.

Nah, gambar di atas ini adalah gambar dari design resmi hinomaru tersebut teman-teman. Di-design dengan sangat matang dan rapi, agar bulatan merah itu tetap bulat dan tetap berada di tengah. Biasa bendera Jepang juga di buat dalam kain tebal dengan panjang 3 meter dan lebar 2 meter. Ini memang ukuran resmi untuk bendera-bendera yang digunakan dalam upacara, dalam perayaan resmi, atau pun upacara-upacara adat yang sering diadakan di Jepang.
Jadi, hari ini kita membahas tentang bendera Jepang. Apakah artikel ini memberikan tambahan pengetahuan ke teman-teman semua?

Hari ini sampai di sini dulu yah, nantikan artikel pendek penambah wawasan dari IRWAN lagi yah
Sampai jumpa dan nantikan di artikel selanjutnya. Otanoshimini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment